Nyepi Kok Malah Liburan

Nyepi tinggal tiga hari. Tahun ini kebetulan Nyepi pas hari Jumat. Seingetku ini sudah yang kesekian kali Nyepi barengan dengan Jumatan. Unik aja sih. Jadi meski yang Hindu melaksanakan Nyepi, yang muslim tetep bisa Jumatan. Ini pengalaman yang asik bagiku tentang bagaimana saling menghargai di tengah perbedaan. Malah kadang-kadang yang Jumatan itu ada yang sok-sokan seperti Hendro. Jadi mumpung bisa keluar pas Nyepi, dengan ajum-nya dia tidur di tengah jalan. Hehe..

Sebenarnya aku pengen Nyepi keluar Bali. Tidak tahu kenapa pengen banget main ke Alas Purwo, Banyuwangi. Rasanya asik saja menembus hutan itu naik Landrover nyebur lumpur seperti tiga tahun lalu. Kalau tidak ke Banyuwangi bolehlah melali ke Lombok menikmati ayam bakar taliwang. Tapi sayangnya niat hanya jadi niat. Keinginan ini ditunda saja deh dulu. Nanti kalau Bani sudah gede saja jalan-jalan lagi. Syukur-syukur jadi ke Bandung.

Menjelang Nyepi ini, aku jadi mikir lagi soal komodifikasi. Gara-garanya beberapa hari terakhir aku lihat makin banyak iklan menggunakan Nyepi sebagai pemikat. Misalnya paket liburan Nyepi, diskon kaca mata menjelang Nyepi, dan seterusnya. Karena Nyepi yang dipakai sebagai pemikat, seharusnya sih Nyepi punya peran di iklan itu. Atau apa yang ditawarkan itu memang nyambung dengan Nyepi. Nyatanya tidak.

Sebut saja iklan diskon kaca mata menjelang Nyepi. Lha apa hubungannya coba kaca mata dengan Nyepi. Pas Nyepi kan pasti gelap, masak malah orang pakai kaca mata hitam. Ken-ken sih?

Ada pula paket tinggal di hotel selama Nyepi. Lha kan aneh. Nyepi kan bukan untuk hepi-hepi di Bali. Malah bersenang-senang itu termasuk satu dari empat hal yang tidak boleh dilakukan. Lha kok ini malah menawarkan liburan? Bukannya menghormati yang lagi Nyepi, ini kok malah menawarkan sesuatu yang sebenarnya tidak boleh dilakukan? Sepertinya sih ini trend baru. Mungkin lima tahun terakhir. Seingetku dulu-dulu tidak ada.

Penggunaan ritual agama untuk kepentingan ekonomi inilah yang disebut komodifikasi. Ritual agama tidak lagi hanya untuk persoalan spiritual tapi ekonomi. Ritual juga jadi komoditas.

Tidak hanya Nyepi. Lebaran dan Natal yang paling parah. Maka kalau sudah menjelang Lebaran dan Natal, seperti tidak sah kalau tidak belanja sebanyak-banyaknya. Inilah kecanggihan kapitalisme tulang lunak, seperti candu. Melenakan, memabukkan, sekaligus membuat kecanduan.

Ritual, bagi kapitalisme pun tidak lagi sebagai seuatau yang bersifat ke atas. Dia bisa jadi sesuatu yang membuat barang dagangan laris, dan pendapatan meningkat drastis.

Hari gini, semua hal yang memang bisa jadi komoditas, termasuk ritual yang sebenarnya sakral sekalipun. Hmm..

29 Comments

Filed under Bali, Perjalanan, Pikiran

29 responses to “Nyepi Kok Malah Liburan

  1. Nah lo! Nyepi koq liburan?
    Saya juga liburan Pak, tapi di kampung. Pulang kampung liburan nggak ya??
    Tulisannya bagus sekali bli….

  2. Dziiienk, kok tiduran seh ? Yang bener, ngorok dijalan hihihi.

  3. Lah bukannya Nyepi itu memang libur Pak De ?!

  4. paket hosting murah sepanjang nyepi.. :)

    yg ngincen peluang pinter2 ya..apa pakek pola pikir lateral ya..

  5. soal paket liburan di hotel saat Nyepi..
    semasih ada yg jual.. dan ada yg butuh hiburan selain di rumah.. bakalan jalan terus…

    asal jangan jual.. “paket tour keliling Bali pas Nyepi”
    hihihihi. :D

  6. Nyepinya cuma sehari tappi sudah biasa persiapan belanja banyak ntar kan toko dan warung biasanya masih pada tutup. Salam

  7. berarti tuch yang bikin promo sudah bisa membuat semuanya menjadi profit.dulu kuliah dimana ya…??
    tapi sindrom nyepi identik dengan ‘menimbun’cemilan untuk sehari,itu buat para koster :lol:

  8. sembilan tahun di bali, cuma sekali nyepi keluar bali, waktu itu ke alas purwo, hutan yang lebat, punya pantai yang alami.

    justru di alas purwo aku juga ketemu dengan komunitas hindu, pas hari H nyepinya juga nyepi bareng warga hindu di sana. Jadi, aku selalu merayakan nyepi dengan sempurna, tidak keluar rumah, tidak menyalakan lampu, tidak nonton tv, sempat juga tidak makan. Tapi juga sempat maen remi, he…

    nyepi benar2 sepi dan tentram…

  9. eka

    klo nyepi sih biasanya saya tiduran di rumah aja

  10. lha bukannya udah dari dulu tuh ada paket nyepi di hotel hehehehe…
    wah keluargaku bakal ngungsi kemana yah thn ini hehehehe.. kalo nyepi kita slalu ngungsi :P

  11. kalo aku nyepi…malahan enaknya main ceki, duduk bersila dan sambil ngebitin sampian…
    he..he..he…

  12. tulisan yg bagus… saya belajar banyak nih dari pak anton

  13. asn

    kalo dulu swalayan baru diserbu saat nyepi H-1, skrang H-3 swalayan2 antrenya udah kaya di BCA . salahnya kalender, knapa nyepi tanggal muda wakakaka

  14. rasa toleransi terhadap agama tu penting jgn sampai terjadi rasa saling menyakiti

    met nyepi to all

  15. mas.. ke alas purwo yuk..

  16. Kalau blogwalking boleh nggak ya?

    *kabur…

  17. milu sik nyepi di alas purwo bos…pasti seru..

  18. okanegara

    yang jelas 1 hari di hari nyepi, aktivitas seksual remaja juga jelas banget turun drastis, tapi kagak tau ya besoknya…kan besoknya malam minggu, mungkin malah tambah rame…terus yang nyepinya di hotel bisa jadi malah malamnya “kerja keras”…

    nice article mas anton…..

  19. blom blanja2 buat nyepi nih, bisa2 ga kebagian sembako :D

  20. Nyepi mau ke alas purwo lagi pak?? btw ke lombok atau ke bandungnya ngambil paket juga ya…he..he…

  21. @ dek didi: waah, itu sih mudik namanya. *apa bedanya ya? :)*

    @ hendro: oh, kiran demo. trnyata ngorok. :D

    @ arie: bukan, bu lik. Nyepi itu waktunya meditasi. tidak boleh pacaran. hihihi..

    @ dani: waah, kalo itu aku jg mau dok. :)

    @ wahyu: paket keliling bali pas nyepi bareng pecalang. pasti boleh2 saja. :D

    @ balisugar: sptnya pengalaman pribadi nih. :)

    @ baliazura: mungkin kuliah di insitut profit bali. :D

    @ trancepass: trus, gimana nyepi di bahrain, mas?

    @ eka: walah, ini kok malah tidur saja. harusnya kan blogging. :D

    @ sherly: ngungsi ke UK aja, jeng. biar kumpul sama kalian. :D

    @ soleilunatics: ajak2, bli. biar aku ga di rumah aja. :)

    @ paramarta: makasih, bli. *sambil tersipu malu dan kepala membesar*

    @ asn: salahkan yg bikin kalender, bli. :)

    @ erick: :)

    @ arya: met nyepi juga, bli.

    @ yanuar: ayuuuuuk. *sambil ngiler2 neh*

    @ wira: tentu saja dilarang sama pecalang di dunia maya: pak yanuar. :D

    @ ady: di wongaya gede jg pasti seru. :)

    @ okanegara: ah, dasar pak dokter spesialis aktivitas seksual remaja. ngomong nyepi masih jg dhubungkan dg seks. :D

    @ novan: ga perlu belanja, van. di rumah sakit kan pasti udah lengkap tersedia. :)

    @ bali buddy: boleh, bli. ntar pesen paketnya ke bli agung. :D

  22. Goes_Ady

    HUh …..
    Om Swastyastu ….

    Ikutan nimbrung ya ….
    Wah itu mungkin di tujukan bagi masyarakat yg tida melaksanakan hari raya nyepi. seperti di bedugul kan rame tu wisatawan yg liburan sana saat hari raya nyepi..
    Tapi aneh juga Nyepi kok malah ada paket liburan saat Nyepi.. hihihihhihihihi

    Om canti canti canti Om

  23. Goes_Ady

    Om Swastyastu ….

    Ikutan nimbrung ya ….
    Wah itu mungkin di tujukan bagi masyarakat yg tida melaksanakan hari raya nyepi. seperti di bedugul kan rame tu wisatawan yg liburan sana saat hari raya nyepi..
    Tapi aneh juga Nyepi kok malah ada paket liburan saat Nyepi.. hihihihhihihihi

    Om canti canti canti Om

  24. saya nyepi malah nyetok makanan yang banyak Ton, dan ternyata bukan saya aja lho, terbukti h-1 nyepi, carefour dipenuhi dengan orang-orang seperti saya ini hihihihihihihihihihihi

  25. satya wecana

    sebenernya nyepi itu Untuk diri kita sendiri..kita diwajibkan melaksanakan “Catur Brata” Penyepian yg terdiri dari amati geni (tiada berapi-api/tidak menggunakan dan atau menghidupkan api), amati karya (tidak bekerja), amati lelungan (tidak bepergian), dan amati lelanguan (tidak mendengarkan hiburan). Tp banyak orang yg memanfaatkan momen nyepi untuk main ceki dll.

    marilah kita umat hindu selalu menjaga nilai2 agama dan nilai2 budaya yg sudah turun temurun kita jalani..jangan sampai kita hidup dngn budaya asing,..karena tidak ada satu Bangsa pun yg pernah bisa maju,kalau bangsa itu hidup dengan ke budaya asing,bukan dengan kebudayaan asli bangsa itu sendiri.

    contohnya indonesia,yg sangat kearab araban!

  26. Kalau Nyepi pastinya sepi dari semuanya………

  27. Tut Tu

    Paket Nyepi….???
    Iya,klu itu emang ada!tapi biasanya orang Hindu Bali tidak ada yg akan pergi ke htl klu Nyepi.kebanyakan paket2 itu diperuntukkan bagi saudara2 umat yang lain ato bule2 yg dah lama tinggal diBali.
    begono broooo….!!
    peace tuk smua :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s