Habis Blog Walking Terbitlah Posting

Jalan-jalan ke blog orang lain (blog walking) adalah salah satu hal yang biasa dilakukan blogger. Kalau bagiku sendiri sih tujuan blog walking ini karena empat alasan.

Pertama, ingin tahu hal terbaru dari blogger lain. Menariknya ngeblog itu kan karena apa yang ada di blog itu cenderung personal. Jadi asik saja baca tulisan orang lain yang tidak mungkin ada di media umum itu. Blog adalah tempat orang-orang biasa bisa cerita dengan segala kesederhanaan dan kemanusiaan mereka sendiri. Kedua, karena kunjungan balasan. Tidak enak saja kalau ada blogger berkomentar di blogku lalu aku tidak klik balik blog teman tersebut. Biasalah. Ada aksi ada reaksi. Meski tidak semua komentator bisa dikunjungi balik, namun setidaknya aku sudah berusaha untuk itu.

Ketiga, menambah teman. Meski banyak blogger yang kutemui di dunia maya ini belum pernah ketemu secara fisik, namun kalau baca blog mereka itu seperti ngobrol asik dengan seorang teman. Asiknya lagi kalau selesai blog walking itu lalu memberikan komentar. Nah, memberi komentar ini adalah bagian dari alasan keempat: tebar pesona lewat komentar. Sambil kita berkomentar di sana, kita berharap blogger itu akan balik berkunjung seperti alasan nomor dua. Jadi ini ada pamrih di balik komentar. Hehe..

Masalahnya kadang-kadang sebel juga kalau sudah capek-capek blog walking namun tidak hal baru di blog teman tersebut. Apalagi aku sudah pernah kasih komen sebelumnya di postingnya yang terakhir. Aku langsung mikir, “Aduh ini kok gak diupdate-update sih?”

Tiap orang punya alasan masing-masing untuk tidak rajin update blognya. Nah, dua alasan, seperti yang sering aku alami sendiri adalah karena tidak adanya waktu dan ide. Kalau karena alasan waktu, ini memang susah. Apalagi kalau blogger itu memang ngeblog karena hobi, bukan untuk cari uang. Jadi ya suka-suka saja kapan mau posting alias nulis.

Tapi kalau tidak posting karena tidak ada ide, nah ini dia yang gawat. Jangan-jangan mencari ide untuk ngeblog atau posting bagi sebagian orang memang susah. Soalnya menurutku banyak banget hal yang bisa ditulis di blog.

Berangkat dari pengertiannya sebagai web log alias catatan harian di website, maka tentu cerita tentang diri sendiri adalah hal paling mungkin untuk ditulis. Bisa saja tentang apa yang kita lakukan, di mana, kapan, sama siapa, bagaimana kejadiannya, bagaimana perasaan kita, dan seterusnya. Soal orang lain tertarik atau tidak sama tulisan itu ya terserah si pembaca. Orang kita ngeblog memang untuk menceritakan diri sendiri. Kalau tidak narsis, tentu bukan blogger namanya.

Pembenaran lebih intelek (hehe) dari narsisme blogger adalah karena sesuatu yang besar pun terdiri dari banyak hal kecil. Dunia terdiri dari berbagai negara. Negara terdiri dari berbagai provinsi. Provinsi terdiri dari berbagai kota. Dan seterusnya hingga unsur paling kecilnya adalah satu orang. Jadi tidak mungkin kita ngomong sesuatu yang besar tanpa ngomong tentang satu orang alias blogger itu sendiri. Hehe..

Kedua, selain tentang kegiatan sehari-hari, ide untuk posting juga bisa datang dari apa yang ada di sekitar kita. Pacar, adik, kakak, tetangga, teman, dan seterusnya bisa jadi bahan yang asik untuk diposting. Ketiga, ide posting juga bisa datang dari media massa seperti koran, majalah, TV, dan seterusnya. Ini sih kecenderungannya kalau mau nulis sesuatu yang bersifat mengkritisi.

Kalau menurut teori jurnalistik sih cara menulis opini tentang sesuatu begini cukup dengan mendeskripsikan apa yang terjadi lalu memberinya penilaian. Misalnya maraknya penangkapan preman di Denpasar saat ini. Bagaimana sikap kita? Kenapa kita bersikap demikian? Apa buktinya? Dan seterusnya. Btw, teori ini memang gampang. Tapi aku sendiri tidak bisa juga nulis opini yang bagus sampai sekarang. Bisanya cuma nulis di blog sendiri. Hihihi..

Nah, selain tiga cara mencari ide posting tersebut (diri sendiri, orang lain, dan media massa), aku juga baru sadar beberapa hari ini kalau ternyata blog walking juga bisa jadi salah satu sumber mencari ide bahan posting. Jadi ketika jalan-jalan ke blog orang lain, sering kali aku dapat ide baru untuk membuat posting. Bisa saja aku punya pengalaman sama atau aku ingin bercerita tentang tema yang sama meski beda sudut pandang dan seterusnya.

Tapi kadang tidak ada posting baru pada blog orang lain pun ternyata bisa memunculkan ide baru untuk nulis. Salah satunya ya posting ini. Jadi, aku memang harus rajin-rajin blog walking biar bisa rajin posting.  :D

36 Comments

Filed under Blogging, Pikiran

36 responses to “Habis Blog Walking Terbitlah Posting

  1. Hore……Pertama,
    Blog walking sekalian tebar pesona.
    Sekalian ngintip ide.
    Awas kalo gak klik balik.
    Hehehehehe…..

    BTW, lagi di kampung nih bersiap Nyepi. Internetnya lambat sekali. Gimana suasana Nyepi Denpasar? Kabarin ya bli!

  2. kl baca tulisan wartawan emang terasa bedanya..ntah dimana..

    engga usah dikomen balik jg gpp kok bli anton.. :)
    ikhlas kok..sueeerrrrr..

  3. datanglah ke blog saya pasti ada hal baru wakakaka
    *komentar ini pamrih loh*

  4. salut buat bli anton,atas inspirasinya
    *dari hati lho,n tampa pamrih* ;-)

  5. saya udah posting dua lo bli hahahahahaha … silakan berkunjung *mode pamrih* hahahahahaha lolz … rotfl …

  6. Wuih, dari blogwalking bisa jadi tulisan mantab gini. Mantab bli! Btw, met hari raya nyepi yah…

  7. *hhuunnng….terus kalo sekarang aku jadi drop comment lantaran tulisan mas anton yang ini – tapi ndak tau mau bilang apa…kira kira alasanku sebenarnya apa ya mas…?!? hihiiy

  8. wah bli Anton ini memang mantabs,,, kalo saya perlu berhari-hari kalo mau nulis yang seperti ini,, masih perlu penularan ilmunya bli Anton neh…. :D

  9. isdiyanto

    aku juga lagi blog walking nih…
    masih perlu banyak belajar untuk ber-blog-ria…
    salam kenal dari http://simpanglima.wordpress.com/

  10. *lanjut blogwalking, ntar lagi pagi

  11. aku nambahin alasan orang ngeblogg, siapa tahu dapat jodoh lewat ngeblogg, masalahnya banyak juga bloogger yang cinlok, jadi ngiri deh ma mereka. hayo ngaku aja yang cinlok??? :d

  12. Aku nambah aja alasan kenapa nge-blogg. Cari jodoh, siapa tahu lewan nge-blogg dapat pasangan. masalahnya banyak juga blogger yang cinlok, jadi ngiri nih, Hanyo..ngaku aja yang pada cinlok. :d

  13. uraiannya tajam dan terpercaya..:D

    saya juga numpang lewat nih..

  14. sayah blog running ajah :D

  15. Saya jarang blogwalking, palingan menunggu postingan baru dari daftar blog yang ada di RSS feed, karena itu saja jumlahnya udah lumayan.

  16. nah yang ini juga kunjungan balasan karena mas anton udah ngasi comment di blog saya,
    mas anton ini memang dahsyat semua tulisannya, susah bisa gini, saya susah banget bisa nuangin yang ada di kepala buat jadi tulisan, padahal seabrek udah di kepala, kasi tipsnya ya…
    jadinya ya saya posting beberapa tulisan yang udah saya ada aja, sekalian biar ngelengkapin blog, mumpung baru bikin. new kid on the blog.

  17. Waduh! Baru bisa update negh Bli! Kelewatan 3 tulisannya Bli anton! Comment dulu yang pertama negh!

  18. @ dek didi: ini nyepi2 masih aja blog walking. :D nyepi di gangku malah rame banget. tumben2 pd ngumpul kali. :)

    @ dani: hehe, ga enak jg utk tidak klik balik lalu ninggalin komentar. met nyepi, dok..

    @ devari: sudah, bli. banyak jg kasih inspirasi. sayangnya blm pernah ke hongkong dan karibia. jd ga bisa nulis hal yg sama. :(

    @ erick: salut buat komentar tanpa pamrihnya. :D

    @ winyo: aku sudah komen jg di sana. :D

    @ deddy: besok2 nunggu dr komentar2 yg ada. :) met nyepi jg, bli.

    @ kaka kiyut: mungkin karena di blog sebelah sudah komen. jd ya giliran di blogku skr. ;))

    @ dipeotraz: tidak perlu berhari2, poet. cukup traktir aku utk syukuran rumah baru. pasti ilmuku keluar semua. :D

    @ isdiyanto: salam kenal, mas.

    @ wira: ini pasti tidak amati blogging. :)

    @ zakiyah: trus udah dapet jodoh, mba? kalo belum, ada tuh yg sibuk nyari2. :D *lirik winyo*

    @ wahyu: serasa liputan enam. :D

    @ novan: ini blog nungging kali. hasil dari minum ronde beronde-ronde. hehe..

    @ blogdokter: aha, pak dokter brarti jarang olah raga. :D

    @ okanegara: dokter oke mmg dahsyat pujiannya. bikin kepala langsung besar kepala. :D

    @ imsryawan: ga masalah telat. asal komentar. :D

  19. Blogwalking untuk cari contekan. Tulisannya mengalir, jujur,memikat!.

  20. Ina

    Kalau tidak narsis, tentu bukan blogger namanya.”

    Setubuh…! *ups salah..
    SETUJU..!!! Hidup narsis…hidup Blogger!

  21. eko

    1000% setuju

    apalagi seorang newbies seperti saya yang masih sangat jauh untuk membuat sebuah blog seperti ini.

  22. acy

    alow salam kenal :)blog walking ya mas, mampir numpang baca. emang bener tuh blogger kalo kagak narsis bukan blogger :)

  23. siska

    halo… met kenal. lagi blog walking nih… blog-e asyik!

  24. ayo blogwalking ke blogku hehe.. so wud u be ma fren too??

  25. Persis sama dengan perasaan gw. hidup blogwalking!!!

  26. Blog walking kami, untuk cari ide dan tebar pesona :)
    Mengangkat branding dan promo layanan…

    salam,

    kiki4hire

  27. menotsukadana

    thanks pak bos uda memperkenalkan blog kepada saya, mohon petunjuknya lebih lanjut maklum pemula. kalo ada acara di undang lagi ya, pak bos !?

  28. aku juga lagi blogwalking nich. ternyata ketemu blog ini yang entah hampir satu tahun g terjamah..what’s wrong?
    salam kenal…

  29. blogwalking memang kudu.

    tapi saya curiga banyak juga yang suka blogrunning, sekedar hadir dan tinggalkan jejak dengan tergesa-gesa. motif lebih untuk menaikkan rating pagerank.

  30. Dengan blogwalking memang bisa menimbulkan ide baru. Salut buat kamu.

  31. Thanks, ini juga termasuk blogger walker

  32. Andrean

    TOP 94,95,96
    Downloads software singapore di :
    http://sg-4dlive.blogspot.com/
    Semoga membantu…..

    Buat saya sudah terbukti 3d jebol…..

  33. blog walking,…buat cari pengalaman mas…

  34. icha

    kawan” smua…ajarin icha bkin blog yg menarik donk…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s