Lebaran Meriah Harga Termurah. Alah-alah..

Hari-hari ini iklan soal lebaran memenuhi berbagai tempat. Koran, TV, radio, baliho, kampus, perempatan, sekolah, apalagi mall. Denpasar pun tidak ketinggalan. Berbagai tempat dipenuhi iklan-iklan tersebut. Misalnya perempatan Jl Raya Puputan-Jl Sudirman, perempatan Jl Diponegoro-Jl Teuku Umar. Puluhan spanduk soal lebaran, mulai dari angkutan, pakaian, atau hotel memakai kata lebaran. Di berbagai sudut Denpasar dipenuhi spanduk-spanduk itu.

Memang tidak hanya hari-hari ini, sih. Biasanya juga banyak. Malah bagiku kadang keliatan merusak kota. Maka, kalo Bali adalah Pulau Seribu Pura, maka Denpasar adalah Kota Seribu Spanduk.🙂

Barusan lewat Jl Sudirman. Dekat lampu merah perempatan jalan ini ada dua mall besar, Matahari dan Robinson. Keduanya tidak mau ketinggalan memasang spanduk besar, sekitar 5 m x 3 m. Matahari memasang spanduk hijau besar bertuliskan, “Sambut Lebaran dengan Bergaya dan Diskon Istimewa.” Sedangkan Robinson memasang spanduk merah, “Lebaran Meriah, Harga Termurah. Diskon hingga 75%” Juga ada puluhan spanduk lain di dua mall tersebut.

Hm, kali ini yang namanya komodifikasi agama. Ritual keagamaan itu dibuat sedemikian rupa sehingga seperti komoditas. Termasuk lebaran itu tadi. Orang merasa kurang afdol kalo lebaran tanpa bergaya. Seolah tidak lengkap kalau lebaran tidak belanja. Maka iklan pun menggunakan lebaran sebagai jargon. Menjelang Lebaran, Menyambut Lebaran, bla bla.. Ah, lagi-lagi agama menjadi topeng. Ternyata dia tidak hanya bisa digunakan sebagai alasan perang, membunuh orang, ngebom kafe, atau obrak-abrik tempat hiburan. Kini agama yang jadi alasan untuk jualan.

Parahnya lagi, kemarin aku baca di iklan di Kompas. Sebuah produk peralatan fitness memasang iklan gini, karena menyambut lebaran mereka memberikan diskon besar-besaran. Alah-alah, masa iya sih mau lebaran malah beli alat fitness?

Leave a comment

Filed under Daily Life, Pikiran, Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s