Kisah para Ambtenaar Denpasar

Tumben hari ini aku datang ke kantor walikota Denpasar. Ada undangan mendadak pertemuan anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dari Bali dengan masyarakat Denpasar. Awalnya males datang karena undangan mendadak. But, pas ada waktu luang ke sana aja meski bentar.

Kalau gak salah, terakhir ke kantor walikota sudah tiga empat tahun lalu. Memang jarang sih ada keperluan di sana.

Pas aku datang, beberapa pegawai negeri sipil (PNS) lagi santai-santai di depan kantor di daerah Lapangan Puputan Badung itu. Padahal saat itu pukul 10.30an. It’s mean lagi jam kerja. But aku pikir ya mereka lagi rehat bentar.

Aku masuk areal kantor. Di tempat parkir, lebih banyak lagi PNS duduk-duduk di atas motor yang diparkir di bawah kantor. Mereka hanya ngobrol wawe-wawe ga jelas satu sama lain. Becanda. Ketawa keras-keras. Padahal itu jam kerja lho.

Aku parkir motor. Pas turun dari motor, aku liat ke kanan. Tiga PNS sedang tidrur di salah satu ruangan. Pulas banget. Salah satu bahkan melepas baju. Gila, ini kan baru jam 10.30an, kok mereka udah terkapar gitu.

Aku naik ke lantai tiga, menuju ruang pertemuan. Ups, ternyata salah ruangan. But, di dalamnya ada satu PNS cowok dengan satu pegawai -tanpa pakaian dinas, mungkin pegawai batuan- lagi asik mojok.

“Gila!” batinku. Jadi aku bayar pajak dst hanya untuk orang yang duduk-duduk itu. Pantesan saja orang-orang males bayar pajak kalau gini. Lebih pantesan lagi pas ujian masuk PNS pada rebutan bahkan sampai nyogok.

Para ambtenaar alias PNS itu bisa makan gaji buta. Kerja hanya duduk-duduk santai, ketawa-ketiwi, ngobrol, lalu tiap gaji mereka dapat gaji, tunjangan, dst.

PAYAH!

Leave a comment

Filed under Daily Life, Pikiran, Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s