Setelah Mei Berlalu…

Mei berlalu. Banyak momen juga berlalu. Sepertinya Mei tahun ini memang istimewa bagiku. Agak selfish kali ya cerita soal diri sendiri.

Pertama soal kuliah. Setelah delapan tahun, empat tahunnya males-malesan. he.he.- akhirnya aku lulus juga. Sebenarnya lulus pas 31 Maret lalu. Tapi kan habis ujian masih banyak yang diurus kaya perbaikan dst. Nah, 7 Mei kemarin akhirnya aku wisuda juga. Sekarang sudah punya gelar Sarjana Teknologi Pertanian (STP). Ya gak penting-penting amat sih lulus S1, tapi bagi banyak orang tetep aja penting. Misalnya untuk nglamar kerja harus lulus S1, mau nglamar beasiswa harus lulus S1, dan mau nglamar anak orang juga harus lulus S1. He.he.

Asiknya lagi pas wisuda tuh keluarga pada datang. Gak main-main, rombongan 10 orang ditambah ponakan-ponakan. Rame banget jadinya. Tiga hari pun keliling ke tempat-tempat wisata di Bali bareng mereka. Ke Garuda Wisnu Kencana, Kuta, Tanah Lot, Sanur.. Agak tekor tapi sungguh seneng bisa menjamu mereka di Bali. Keluarga bener2 candu! Ketagihan yang membahayakan..

Lulus S1, tentu saja lega. Sudah tidak ada beban kalau harus “terbang ke mana aku suka” atau “pergi ke mana aku mau”. Cuma kan juga ternyata diam-diam ada beban yang lain. Kalau kemarin pas masih jadi mahasiswa kan punya pembenaran kerja santai-santai. “Kan masih mahasiswa yang penting bisa hidup saja cukup,” gitu analoginya. Tapi sekarang kan juga harus mikir masa depan, sesuatu yang pasti datang tapi belum tentu aku lewati. Ya bisa saja abis nulis blog ini lalu aku jatuh, bruk!, mati. Masa depan kadang memang kaya tiran. -Gawat banget ya?-

Masa depan membuat banyak orang harus berpikir keras, bekerja keras, padahal belum tentu juga mereka ngalami. Soal masa depan ini pula yang harus membuatku sekarang berpikir tentang kerja lebih mapan (ehm, mapan?), atau sekolah lebih tinggi, atau nglamar anak orang. Btw, aku pernah berpikir bahwa kemapanan adalah hal yang paling menakutkan lho..

Hal kedua, Mei ini aku juga sudah lunas kredit motor. He.he. Ketahuan juga kalau tukang kredit. Yup, setelah kredit sepeda motor Honad Legenda sejak Juni 2002 lalu, akhirnya Mei ini aku lunas. Lumayan sih, tiap bulan harus menyediakan 400 ribu untuk nyicil. Mana pendapatan gak pasti. Kini motor itu sudah sepenuhnya milikku hasil jerih payahku selama ini.

Motor itu memang sungguh membantu. Hidup di Bali tanpa kendaraan sendiri, wa’alaikum salam aja. Susah banget. Apalagi jadi wartawan yang mobilitasnya tinggi (hatjing!). Motor itu bolehlah jadi ukuran bahwa ada proses yang telah kulewati. Bahwa setelah sekian tahun bekerja, ada benda yang bisa dikenang. Agak matre ya? Ya itu kan hanya salah satu ukuran. Ukuran lain ya bisa jalan2 dan kenal banyak orang.

Hal ketiga, Mei ini aku juga udah ngobrol ma orang tua Lode. Soal lima tahun pacaran, rencana masa depan, dan seterusnya. Lumayanlah. Paling tidak mereka sudah tak kasi kepastian rencana kami. Tak tahunya mereka yang malah repot. Bikinin rumah, upacara, dan tetek bengen lainnya. Hmm, mewujudkan keluarga kecil di pinggir kota dengan rumah terbuka dan perpustakaan untuk anak-anak tetangga semoga segera terwujud tahun ini.

Ya semoga saja. Paling tidak kami sedang berusaha mewujudkan semuanya: kerja, beasiswa, keluarga..

3 Comments

Filed under Uncategorized

3 responses to “Setelah Mei Berlalu…

  1. Andi

    jadi pengen lulus
    jadi pengen punya motor baru
    jadi pengen ngelamar….. siapa ya?

    btw selamat deh untuk Mei-nya

  2. Jeego

    Hai, saya suka membaca blog untuk menambah ilmu dan maklumat. Setiap hari sekurang-kurangnya saya lawat 20 blog. Blog anda adalah antara yang paling menarik untuk hari ni. Keep up the good work!

    Terlanjur saya di sini, tahukah anda tips kaya dengan mudah. Sistem Menjana Wang Secara Automatik. RM200,000 dalam masa 35 hari dengan modal hanya RM10! Ini baru REAL!. Peluang dan tips kaya dengan mudah di sini.

  3. Jeego

    Hai, saya suka membaca blog untuk menambah ilmu dan maklumat. Setiap hari sekurang-kurangnya saya lawat 20 blog. Blog anda adalah antara yang paling menarik untuk hari ni. Keep up the good work!

    Terlanjur saya di sini, tahukah anda tips kaya dengan mudah. Sistem Menjana Wang Secara Automatik. RM200,000 dalam masa 35 hari dengan modal hanya RM10! Ini baru REAL!. Peluang dan tips kaya dengan mudah di sini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s