Menyebalkannya Kerjasama dengan Pemerintah

Jumat-Minggu pekan lalu aku bantuin ngurus Pelatian Jurnalistik Kepariwisataan. Sebagai personal aja meski semula diajak kerjasama secara organisasi. But, karena sama pemerintah, dan feelingku pasti ada mark up dst, secara pribadi sajalah. Biar kalo ada apa2 aku pribadi aj yg kena.

Apalagi ini pengalaman pertama kerjasama dg birokrat utk ngadain pelatian pada wartawan. Biasanya sih funding kayak Unesco, USAID, Ford Foundation, dst. Jadi ya jaga2 aja.

Dan, feeling itu memang bener. Ada banyak yg ga cocok ma aku.

Soal kepanitian. Kami di Bali udah bikin panitia. Ada enam orang. Jadi sangat cukup utk ngurus kegiatan yg cuma 30an peserta itu. Eh, tau2 dari Jakarta juga bikin. Oang2 Departemen Budaya dan Pariwisata Jakarta sampe ada 10an orang. Padahal mereka juga ga ngapai2n. Kali cuma pengen jalan2 ke Bali+ ngorup duit kali.

Soal nama kegiatan. Kami udah bikin namanya Pelatian Jurnalistik Kepariwisataan. Eh, orang2 Jakarta itu minta ditulis Pembekalan utk Pemerintah dan Masyarakat. Awalnya aku pikir ini hanya kesalahan cetak, eh emang senagja. Bahkan absensi pun harus diganti dg nama kegiatan yg mereka mau. Padahal absensi itu udah ditandatangani.

Pas pembukaan, lebih memuakkan. Resmi banget. Ada bupati, orang budpar, dst. Birokrat2 itu ngomong basa-basi tanpa isi. Panjang. Lama. Padahal peserta udh pada capek, dan paling penting lapeer bgt. Orang mereka jauh2 dr Denpasar ke Karangasem, skt 100 km.

Parahnya lagi soal duit. Aku diminta tanda tangan 510 ribu sbg honor panitia. Padahal semula udh sepakat Rp 3 juta lalu diubah jadi Rp 1,5 juta. Ya gak mau, dong. Ternyata itu hanya akal2an. Sebenernya aku malah dapet seperti kesepakatan awal. He.he. Untung saja..

Untungnya kami masih dapet jalan2 ke Labuan Amuk. Naik kapal selam liat bawah laut. Maunya sih pamer keindahan. Eh, jauh amar dr keindahan terumbu karang Pulau Menjangan di utara Bali, atau ikan2 di Tulamben. Tapi untungnya gratisan. Padahal seharusnya bayar Rp 450 ribu per orang. Jadi ya lumayanlah..

3 Comments

Filed under Uncategorized

3 responses to “Menyebalkannya Kerjasama dengan Pemerintah

  1. nie

    wah… korup yah org2 yg kerja di pemerintahan itu *parah*

  2. admin

    saya ngak ikut lho…wak…kak….ka….

  3. jo

    altruist? itu lawannya egois bukan? (sorry nggak ada hubungannya sama postingan)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s