Aku Melawan Candu. Hasilnya KO!

Hampir dua tahun akrab dengan pecandu heroin atau pun mantan pecandu, aku jadi salut sama mereka yang sudah bisa melepas diri dari jerat kecanduan. Sebab, ternyata memang ga mudah melepas jerat kecanduan. Buktinya aku!

Pertama kecanduan ngrokok. Awalnya hanya sekali dua kali aku ngrokok sejak SMA. Waktu itu iseng aja karena dikasih teman. Jadi ya ga sampai beli, apa lagi kecanduan.

Ketika sudah kuliah semester tiga, aku mulai rajin ngrokok. Kadang beli sendiri, lebih sering minta teman. Setelah bisa cari duit sendiri, aku mulai rajin beli rokok. Pilihannya Star Mild. Sampe aku tuh ngrasa ada ikatan emosional sama rokok tersebut. Memang sih ga sampai parah ngrokoknya. Tapi tetap aja aku ngrasa kecanduan. Sebungkus rata2 tiga hari.

Karena bosen ngrokok, aku pernah berniat berhenti. Lupa kapan persisnya. Tapi pernah sampe setahunan ga ngrokok. Abis itu kumat lagi. Ngrokok lagi. Terakhir, tahun ini aku berniat berhenti ngrokok. Alasannya ga enak ama istri yg lagi hamil. Takutnya calon bayi kena yg nggak2 gara2 asap.

Aku coba pelan2. Bisa sih berhenti. Tapi baru tiga bulan ga ngrokok sama sekali, aku mulai tergoda utk ngisep lagi. Awalnya cuma minta teman. Lalu sekarang? Eh, mulai beli lagi. Ya, sekali lagi memang ga parah. Sebungkus isi 16 batang mungkin utk tiga empat hari. Tapi kan berarti belum bisa berhenti ngrokok sama sekali.

Kedua kecanduan ngegame. Ini yg agaknya parah. Sejak punya komputer 2002 lalu, aku mulai suka ngegame. Warcraft, Call of Duty, FIFA, dst. Kadang parah. Kadang biasa.

Lalu sejak Juni lalu, menjelang Piala Dunia 2006, aku mulai rajin main lagi. Kali ini FIFA 2005. Dan, parah. Hampir tiap hari aku pengen ngegame. Kadang malam2, pas istri udah tidur, aku keluar kamar pindah ke kamar lain, hidupin komputer, masukin CD game, pegang stik, dan main FIFA 2005 sampai pukul 12 malam.

Aku pengen ngerem kecanduan itu. Tapi, hasilnya ga bagus2 amat. Tetep aja tiap hari aku ngegame. Melawan kecanduan ternyata ga mudah!

3 Comments

Filed under Daily Life, Pikiran, Uncategorized

3 responses to “Aku Melawan Candu. Hasilnya KO!

  1. nie

    wah… parah nih kecanduannya! hayooo usaha donk😀

  2. yoyok

    Warcraft ?
    Dota ? Dota ? battle.net ? yuuk…:)

  3. e-yessie

    salam kenal di dunia maya. Blognya bagus. Tapi, di dunia fana sepertinya aku kenal deh siapa yang punya blog ini. Siapa ya…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s