Tak Mungkin Semua Hanya Kebetulan

Apa iya semua itu kebetulan. Lama-lama aku pikir nggak juga kali ya. Dulu, pas aku lagi baca buku lamanya Mochtar Loebis, aku nonton film Gie. Isi buku dan jalannya film mirip banget, soal Indonesia pada 1960an.

Kini, pas aku baca buku jurnalistik peraih Pulitzer, Dinasti Bush Dinasti Saud, aku juga nonton filim yg isinya mirip semua. Dua hari lalu aku sewa V for Vendetta, X Men Last Man Stand -bener ga ya judulnya? :)-, dan Syirianna. Ah, selalu ada benang merah yg menghubungkan semuanya. Kali karena udah dari alam bawah sadarku. X Men mungkin agak maksa nyambungnya, tentang rebutan mutan baik dan mutan jahat. Kisah klasik di setiap zaman.

Pas nonton V for Vendetta, nyambung banget dengan buku karya Craig Ugner -bener ga ya nulis nama penulis buku itu? :)-. Lalu semalem nonton Syirianna, alamak, mak plek persisnya. Bagaimana minyak jadi komoditas politik, bukan urusan perut semata. Dari rebutan minyak itu tergambar rebuatan perusahaan besar, rebutan jabatan, rebutana keyakinan. Ceritanya agak kepisah-pisah. Tapi nyambungnya pada satu hal: MINYAK adalah komoditas penting saat ini. Pengaruhnya ke mana2.

Aku, kamu, mereka, kita semua mungkin tak sadar bahwa kita bagian dari permainan besar itu. Seolah-olah urusan itu begitu jauh dari kita. Tapi rebutan itu berimbas juga pada kita. Pada penilaian orang terhadap keyakinan kita. Pada kemampuan kita mendapat sesuatu. Atau malah mengubah hidup kita tanpa kita sadari bahwa itu terhubung dengan “mereka” yang bahkan tak kita kenal nama atau malah tak pernah kita sadari keberadaannya.

Menurut teori jaringan sosial, tiap orang di dunia terhubung tak lebih dari lima orang. Misalnya kita dengan petani di Peru mungkin hanya perlu dua tiga orang utk bisa kenal, atau kita dengan Osama bin Laden atau George W Bush hanya perlu dua tiga penghubung untuk bisa kenal. Dari maksimal lima penghubung itu, ternyata dunia begitu kompleks sebenarnya. Dan semua terhubung, berpengaruh, tanpa pernah kita sadari.

Adakah semua itu hanya kebetulan? Rasanya tak mungkin..

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s