Jangan Undang Profesor [Tiiiiit! Awas Sensor]

Selesailah sudah satu beban pekan ini. Tadi pukul 11 siang lebih sekian, talk show di Radio Global FM pun berakhir. Maka berakhir pula satu kerjaan dengan Kemitraan Jakarta dan Koalisi NGO.

Kerja sama itu bermula dari telepon Tio (Indonesian Parlemantary Centre) Sabtu atau Minggu dua pekan lalu. Dia bilang mau ngajak kerja sama untuk diskusi tentang Undang-undang Partai Politik 2007. Diskusi itu kerja sama antara Koalisi NGO untuk Perubahan UU Politik (Cetro, Pusat Studi Hukum dan Kebijakan, Lembaga Studi Pers dan Pembangunan, dan IPC) dengan Kemitraan. Di Bali mereka ngajak aku. Mungkin mas Hanif LSPP yang ngasi kontak ke mereka. Setelah jelas bagaimana kerjaannya, aku mengiyakan. Aku pakai Sloka Institute sebagai kendaraan.

Masalahnya persiapan diskusi agak mepet, cuma satu minggu. Kerja mepet kayak gini tidak terlalu jadi soal. Aku udah berkali-kali mengalami. Tapi biasanya sih udah jelas TOR, jadwal kegiatan, tempat, dan seterusnya. Nah, yang ini belum jelas. TOR memang udah dikirim tapi tempat belum jelas. Jadwal pun belum ada. Diskusi dilakukan pada 19-20 Mei. Namun sampai dua hari menjelang hari H tempat diskusi dan jadwal baru jelas. Bahan diskusi malah baru dikirim sehari sebelum hari H.

Intinya waktu utk diskusi memang mepet. Persiapannya kurang. But, the show must go on! Setelah pontang-panting ngundang peserta, konfirmasi, cari pembicara, dst, diskusi bisa juga dilakukan.

Jumat sore kegiatan dimulai dengan kunjungan ke Bali Post. Meski hanya tiga wartawan yang menemui, dan berita tentang itu juga tidak ada di Bali Post, tidak masalah. Yang penting aku sudah melakukan kerjaanku. He.he. Sabtu dan Minggu diskusi pun dilakukan di hotel Santika Kuta. Beres. Menurutku diskusi berjalan asik. Orang KPU, partai, NGO, dan akademisi yang diundang terlihat antusias. Dari 27 peserta yang hadir sejak awal, bertahan 24 peserta yang ikut sampai akhir. Kan lumayan itu. Malah orang DPRD yang cuma sehari ikut. Lalu hari kedua cabut gara-gara tidak mau tidur sekamar sama orang lain. Gedubrak!

Senin pukul 10 pagi kegiatan terakhir pun dilakukan, talk show di radio. Lumayan lancar meski cuma ada tiga penelpon yang ikut diskusi. Tapi sedikitnya penelpon, menurutku, karena waktunya juga cuma sejam sementara materinya padat.

Untuk semua kegiatan dari kunjungan media, diskusi, dan talshow, aku kasih nilai 85 lah. He.he.

Meski demikian, masih ada sejumlah catatan. Besok-besok kalau bikin acara lagi harus jelas tempat, jadwal, tugas, tanggung jawab, dan tetek bengeknya. Kalau soal teknis sudah beres, waktu mepet tidak akan jadi masalah.

Oya satu lagi. Jangan ngundang profesor untuk jadi peserta diskusi di mana master yang berbicara. Ini memang cerita agak aneh. Salahku juga sih tidak mengundang sang guru besar sebagai pembicara. Ya semata karena lupa nama dia saja. Pas aku tanya ke teman2 wartawan siapa yang layak jadi pembicara, mereka ngasih nama dosen yang master itu. Namanya juga lebih sering muncul di koran dan familiar.

Dua hari menjelang diskusi, masih ada beberapa peserta yang belum konfirmasi hadir apa tidak. Aku pun mencari-cari beberapa nama lagi untuk diundang. Ketemu lah nama profesor [tiiiiiit! sensor]. Dengan PD-nya aku telpon dia untuk ikut sebagai peserta diskusi.

“Sebagai peserta? Pematerinya siapa?” tanya sang profesor itu.

“Pak [hus! Jangan disebut!], Pak,” kataku.

“Saya sebagai peserta dan dia sebagai pembicara?” sang profesor bertanya lagi.

“Mmmm. Iya, Pak,” jawabku mulai tidak enak hati.

“Masalahnya saya ini biasa sebagai pembicara, bukan sebagai peserta. [bla.bla.bla],” kata sang guru besar ilmu pemerintahan itu. Intinya dia bilang, besok-besok kalau ngundang saya mbok ya sebagai pembicara. Saya guru besar masak diundang untuk mendengar.

Maka, pelajarannya adalah: jangan sembarangan mengundang profesor untuk mendengar. Mereka hanya punya lidah, tidak punya kuping. Jadi hanya bisa ngomong tidak bisa mendengar. Catat itu besar-besar. He.he. [+++]

1 Comment

Filed under Pekerjaan, Pikiran

One response to “Jangan Undang Profesor [Tiiiiit! Awas Sensor]

  1. Malang, 14 Mei 2008

    Kepada Yth : Bapak / Ibu
    di Tempat

    Dengan Hormat,

    Bersama ini kami Agus Setiyawan MM erkeinginan untuk mengajukan kerja sama dalam bentuk pihak Institusi Bapak / Ibu kami tunjuk sebagai Event Organizernya, atau kami juga bisa dalam bentuk dimana kami hanya sebagai trainernya saja.

    Adapun pokok bahasan yang kami ajukan ada empat hal, yang nantinya bisa dipilih salah satu yang dirasa marketnya cukup besar dan sesuai dengan need yang Ibu inginkan, yaitu :
    1. Cari Kerja Itu Gampang.
    2. Buat Apa Sekolah S1.
    3. Kaya Dengan Jualan Dimilist.
    4. ISO 9001, 13485, 14001, 18001, 22000
    Dan untuk lebih lengkapnya kami sertakan proposal dan drafnya pada halaman selanjutnya.

    Karena keempat pokok bahasan ini dalam waktu dekat dekat ini sangat dibutuhkan baik oleh orang tua maupun lulusan SMA / SMK dalam mencari sekolah anaknya sehingga pasar yang akan kita rekrut cakupannya cukup luas. Sedangkan untuk yang Cari Kerja Itu Gampang sehubungan kami sudah ada media, karena kami sudah selama hampir satu tahun dalam mangasuh acara Talkshow di Radio Kencana 98,6FM, jelas telah mempunyai pasar yang jelas jika akan dilakukan Workshopnya. Dan yang ketiga adalah berbagi dalam keberhasilan jualan CD ISO, K3, 5S dll setiap bulannya 60 keping dengan harga jual Rp.
    125.000,-, jadi pendapatan tambahan dalam sebulan Rp. 6.000.000,- , Sedangkan untuk ISO kami sering dijadikan langganan untuk memberikan training oleh PII FAM Malang dalam sertifikasi keinsiyuran.

    Demikian penawaran kerja sama yang kami ajukan, semoga nantinya terjalin kerja sama yang bagus dengan profit share yang saling menguntungkan untuk kedua belah pihak. Jika dirasa masih ada yang perlu untuk ditanyakan silahkan menghubungi kami, atau jika diperlukan kita bisa lakukan pertemuan dimana kita bisa membahas kedepannya.

    Demikian yang kami sampaikan, semoga bisa berjalan lancar dan sukses. Terima kasih atas perhatian dan kerja samanya.

    Hormat kami,

    Agus Setiyawan MM
    e-mail : agus@fact.otsuka.co.id
    website : http://agusotsuka.wordpress.com
    HP : 081 333 841183 (Simpati), 0341 5455330 (Flexi), 0881 5522 968 (Smart)
    Tel. : 0341 – 426 244 ext. 100
    Fax. : 0341 – 426 644 (direct)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s