Thank Google, Bukan Thank God!

Selesai rapat editing Laporan Populer kantor, Pak Imam, bos di bagian saya minta tolong. “Minta Pak Tut untuk cari buku tentang tanaman konservasi. Setahuku di sana ada soal nama latin kaliandra,” katanya. Kaliandra adalah tanaman untuk konservasi tanah. Di laporan populer belum ada nama latinnya. Kami harus memberi nama latin agar orang lain juga tahu.

Saya pun ke bagian depan mencari Pak Tut yang salah satu tugasnya menjaga perpustakaan. Dia segera mengetik kata kunci “Konservasi” di komputer untuk mencari buku yang saya maksud. Hasilnya: tidak ada dokumen yang cocok. Kami coba pakai kata kunci lain: pertanian, lahan kritis, dan beberapa kata lagi. Hasinya terlalu banyak. Abaikan saja.

Lalu Pak Tut ke perpustakaan mencari buku yang saya maksud. Saya ke belakang. Sakit perut. :))

Ketika kembali ke ruangan Pak Tut sekitar 10 menit kemudian, sudah ada buku berjudul Flora. Buku terbitan PT Pradnya Paramita Jakarta pada 1997 ini memuat 4.500 nama tanaman di Indonesia. Saya bawa buku itu kembali ke ruangan.

Saya hidupkan komputer. Sambil menunggu komputer boating, pelan-pelan saya cari kata kaliandra di buku setebal 486 halaman itu. Tidak juga ketemu. Saya bolak-balik lagi. Tetep saja tidak ketemu. Internet di komputer sudah bisa. Saya buka http://www.google.com. Saya ketik kata kaliandra di sana. Ajaib. Hanya dalam waktu kurang dari satu detik sudah ketemu. Nama latin kaliandra adalah Calliandra calothyrsus.Hampir setengah jam saya mencari di buku tidak ketemu. Namun di internet hanya butuh waktu kurang dari satu detik. Maka, saya bilang, Thank Google! Internet membuat hidup kita jadi begitu mudah..

Leave a comment

Filed under Pekerjaan, Pikiran

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s