Mengenal Marjinal Lebih Dalam

Ah, dasar aku bukan orang gaul. Jadi baru kenal dengan Marjinal. Tadi Moyong, teman di drugs user movement IKON Bali, kasi lagu2nya Marjinal. Sebelumnya teman lain, Gendo, sudah pernah cerita soal anak-anak ini. Nyesel juga aku baru tau sekarang. Lagu2nya asik. Aku sih tau liriknya keren. Misalnya soal Marsinah, pendidikan gratis, kemiskinan, dst.

Maka hari ini aku tanya ke Pak De Google. Dan ini yang aku temukan di blog Marjinal.

Monday, October 1, 2007

WAWANCARA DENGAN MARJINAL

Pengantar Editor:
Agustus yang lalu, majalah TRAX membuat laporan utama “The Story So Far: 30 Years of Punk Rock”. Farid Amriansyah, reporter Trax, mengajukan beberapa pertanyaan kepada Marjinal lewat e-mail, yang jawabannya kami kira berhak diketahui publik secara utuh.

- agak klise, tapi bisa cerita bagaimana marjinal terbentuk?

Bob OI: Marjinal dibentuk 11 tahun yang silam, pada 22 Desember — bertepatan dengan Hari Ibu di kalender nasional. Sebelas tahun yang lalu, kite ketemu di sebuah kampus grafika di Jakarta Selatan. Awalnya, gue pengen kuliah, tapi makin lama semakin nggak tertarik. Apa yang dipelajari di kampus udeh kita kuasai, gue udah gape menggambar, bikin desain, demikian juga yang laen. Kebanyakan kita ketemu ngobrolin situasi di luar kampus, yang atmospherenya represif, nggak bebas mengeluarkan pendapat atau berekspresi. Lalu kita bangun sebuah jaringan namanya Anti Facist Racist Action (AFRA), yang terlibat adalah kawan-kawan yang mempunyai kesadaran melawan sistem yang fasis banget.

Kita gunakan media visual, lewat poster dari cukil kayu, baliho dan lukisan yang menggugah kesadaran generasi muda, untuk melawan sistem fasis yang diusung Orde Baru. Selain melakukan diskusi, penerbitan newsletter, dan aksi turun ke jalan… Kita secara kebetulan gape juga main musik. Ya, dengan modal gitar n jurus tiga kunci, kita maen musik, bikin lagu sendiri yang berangkat dari kenyataan hidup sehari-hari.

Mike Marjinal:Lalu kita namakan kelompok itu Anti Military. Dalam perkembangannya, Anty Military dipahami orang-orang sebagai sebuah band akhirnya… Padahal kita bukan anak band! Musik ini kan sebagai alat komunikasi kepada khalayak yang lebih luas, lebih asyik.. medium menyampaikan pesan dan jadi inspirasi untuk anak-anak di pergerakan ke depan, ketika melihat kenyataan kehidupan sosial-politik dikangkangi rejim yang fasis militeristik. Dari awal, kesadaran kita bukan sebagai anak band.

Setelah Harto digulingkan, kita melihat dimensi yang lebih luas lagi. Persoalannya bukan lagi rejim yang fasis dan rasis saja. Tapi lebih luas lagi… Negeri ini jadi negeri ngeri… Banyak tragedi, perang saudara, buruh-buruh diperas, dieksplioitasi, rumah sakit dan pendidikan begitu komersial, kereta-api sebagai sarana angkutan melayani orang seperti mengangkut binatang. So dari sistem yang fasis, anti demokrasi, terpusat dan korup.. kini menyebar ke sendi-sendi kehidupan bangsa. Kita lupa bagaimana para pejuang dulu mendirikan Indonesia sebagai sebuah nation. Indonesia kan didirikan sebagai kesatuan dari tekad para pemuda yang beragam suku, agama, latar belakang sosialnya itu bersatu membangun sebuah nation! Lalu kita ganti nama, dari Anti Military jadi Marjinal. Kisahnya, ketika Mike dapat nama Marjinal, dia terinspirasi oleh nama pejuang buruh perempuan yang mati disiksa militer,” Marsinah..Marsinah… MARJINAL” Kata Marjinal sendiri waktu itu kan belum banyak dipakai untuk menjelaskan posisi orang-orang pinggiran.

- marjinal mengangkat beragam isu sosiopolitikdalam lirik kalian. Bisa cerita
apa misi kalian sebagai band?

Mike Marjinal: Lagi-lagi harus kukatakan dari lubuk hati yang dalam, cieee: “Kita bukan anak band”. Sejak kita membangun AFRA kita memang punya kesadaran melawan sistem politik kotor di negeri ini, khususnya melawan ideologi fasis militeristik rejim Orba. Sejak menjadi Marjinal, kita kembali ke tengah masyarakat, belajar dari keseharian mereka sekaligus jadi inspirasi bagi lagu-lagu yang kita ciptakan. Lirik-lirik iitu kan mengangkat persoalan tetangga, kawan dan masyarakat kita. Kita cuma asal comot apa yang menjadi gelisahkan. Kita cuma jadi cermin, yang merefleksikan segala yang dirasakan masyarakat. Kita selama bertahun-tahun, di kolektif TaringBabi, hidup di tengah kampung Setu Babakan. Awalnya, mereka was-was melihat penampilan kita yang sangar, tapi lama kelamaan masyarakat merasa senang, karena kita ikut gotong-royong, membuat acara Agustusan, workshop sablon dan segala keterampilan cetak-mencetak. Setiap hari, puluhan anak-anak punk dari daerah mana aja datang ke TaringBabi, tapi masyarakat tidak lagi was-was. Pernah gue dengar ibu-ibu bilang,”Anak-anak itu rambutnya aja yang aneh, tapi hatinya baek….” Ibu-ibu juga nggak takut melihat tato, yang penting hatinya kagak bertato!

Dari sini kita kan bisa melihat hidup yang berwarna-warni, kita rayakan perbedaan dengan damai. Band Marjinal itu kan salah satu usaha kita berkomunikasi dengan masyarakat. Album atau kaset yang kita rilis secara indie juga diniatkan untuk membangun komunikasi. Kita nggak nyangka, Marjinal didengar sampai Pulau Siladen nun jauh di Sulawesi Utara sana. Ketika kita diundang main untuk scene punk Manado, kawan-kawan dari Kotamubagu datang, itu kan letaknya di pedalaman. Bayangkan, mereka datang jalan kaki. Ketika ketemu gue, ada yang langsung buka baju memperlihatkan tato bertuliskan Marjinal. Gue terharu, sekaligus bangga dengan semangat persekawanan ini…

Bob OI: Kita maen di mana aja, tidak untuk scene punk doang. Acara ulang tahun, perkawinan, peluncuran buku… Bahkan Mike sering bilang, acara apa pun kita main, ini ruang untuk berkomunikasidan silaturahmi, memperluas kesadaran kita sebagai nation, usaha kita saling belajar dan bekerja sama-sama. Pernah seorang guru, namanya Pak Sukri, dari STM YZA, Ciawi nyari-nyari alamat kita, nyasar ke sana-kemari, niatnya mengundang kita main untuk acara sekolahnya, karena murid-muridnya minta Marjinal main untuk acara perpisahan. Ditawari band lain, mereka nggak mau. Sebelum main, kita selalu membuat work-shop cukil kayu (wood cut). Mereka sangat antusias mencetak kaos polos dengan desain cukil kayu. Kalau ada waktu, kita bisa main di mana saja, asal kebebasan kita enggak dibelejeti. Karena dari kebebasan itu kita ada. Kebebasan yang mengatur diri kita sekaligus respect dengan kebebasan orang lain.

- Arti punk buat kalian?

Bob OI: Kita bikin desain kaos: Pemuda Urakan Nan Kreatif (PUNK). Ya, itulah tafsir kita untuk punk walau kata itu muncul pertama di Inggris dari sebuah karya William Shakespeare, The Marriage of Lady Windsor .Sebagai sub-kultur, Punk berkembang tahun 80-an. Punk sebagai gerakan mengunggulkan rasa toleransi dan kebebasan. Punk, sebagai sang pemula, yang pertama meneriakkan ketidakadilan dan perlawanan terhadap sistem yang korup.

-Apa arti menjadi politikal bagi kalian?

Mike Marjinal: Berusaha terlibat dengan realitas, melawan sistem yang korup, dan berusaha melakukan perubahan yang lebih baik dari hal yang terkecil, teman, keluarga, tetangga, dst.

-bagaimana kalian menjalankan etos dan prinsip yang tumbuh dan berkembang alam punk rock seperti konsep D.I.Y hingga beragam bentuk kesadaran sosiopolitikal dalam keseharian baik secara personal maupun sebagai band?

Mike Marjinal: Do It Yourself itu kan sesuatu yang ideal, sehingga kita mampu berjalan di kaki sendiri, nggak tergantung dengan sistem yang nggak berkeadilan. DIY, sebenarnya kan sudah ada dalam etos perlawanan dalam budaya kita. Suku Samin di Jawa Tengah dan sekitarnya itu sudah DIY, membuat peradabannya sendiri ketika daerah-daerah lain ditindas kolonial Belanda. Mereka menanam benih, memanen dan membuat rumah secara bersama untuk kebutuhan bersama. DIY harus dilihat dalam konteks seperti itu di sini. Kita kan nggak harus copy-paste DIY yang ada di England sono, yang ditafsirkan hanya anti ini dan anti itu. Menurut gue sih, DIY itu bertolak dari Kebebasan. DIY itu bukan aturan dan aturan, seperti menolak media mainstream, TV, sponsor, dlsb. Semua hal harus dilihat hubungan sebab dan akibatnya, bukan cuma slogan anti ini dan anti itu: anti TV nasional sini tapi nongol di TV asing dengan alasan solidaritas internasional. Ini sih cipoa! Gue prihatin dengan kondisi kayak gini. Sudah lama scene punk nggak pernah mendiskusikan hal-hal yang mendasar seperti ini. Ayo kita bicara, dengan argumen yang cerdas. Tahun lalu, sebuah televisi swasta nasional meminta Marjinal sebagai nara sumber untuik sesi acara bertajuk Punk. Kru TV datang ke kita, bertanya ini dan itu dan membuat liputan kegiatan sehari-hari di kolektif TaringBabi. Ya, kita menerima dengan terbuka dan apa adanya. Tapi sebelum acara itu ditayangkan, Marjinal disembur fitnah yang keji, dianggap tidak DIY karena bekerjasama dengan media mainstream…Blaut! Kita jadi narasumber bukan untuk promosi album atau ngomong tentang isi perut band, tidak! Jadi, semua itu harus dilihat konteksnya, hubungan sebab dan akibatnya. Kalau kita kerja kita dapat duit, tapi kalau kita diundang main band, coba aja tanya yang ngundang, kita nggak pernah memberatkan tuan rumah. Paling-paling cuma dapet ongkos balik, sekedar makan-makan bareng sedunia ha..ha..ha..

Selama ini, kita hidup bukan dari band. Kita bertahan hidup dan menjalankan aktivitas dari karya yang kita jual. Desain, sablon kaos, kaset,atau nyari duit di luar. Gue kadang ngajar atau dapat kerjaan menggambar di sekolah-sekolah. Gue melukis potret. Ableh selain nyablon juga ngojek. Begitulah kenyataannya… Lagi-lagi harus ogut bilang, “Kite bukan anak band”

-pandangan akan kondisi obyektif scene punk rock lokal sekarang?

Bob Oi: Ada yang hilang dalam scene punk sekarang: diskusi. Dulu kan sempat banyak zine yang terbit, sekarang terbit tempo-tempo dan banyak nggak terbitnya, kalau pun terbit materi tulisannya adalah tulisan-tulisan yang lama, itu pun sebagian besar hasil terjemahan dari zine luar, ya… masih copy-paste!

Implikasinya scene punk nggak pernah belajar mendiskusikan persoalan-persoalan yang mendasar, misalnya tafsir tentang DIY di Indonesia dalam konteks sekarang ini. Scene punk masih bergairah dengan fashion-nya, itu yang kenceng… Padahal itu kan semua simbolis sifatnya, yang harus diungkap menjadi sebuah pengalaman dan kesadaran. Kenapa rambut mohawk ala Indian, misalnya, itu suatu bentuk solidaritas terhadap suku Indian di Amerika yang tertindas dan termarjinalkan. Mengapa punk pakai sepatu boot… Itu suatu perlawanan terhadap militer, kita pakai atribut sepatu boot untuk nginjek lumpur jalanan pasar, ngebersihin got, nginjek tokai! Yang kayak-kayak gitu belum dipahami… Orientasi punk di sini masih sebatas ngeband, main musik, ngobrolnya atau gosip=gosipnya pun masih seputar itu. Punk rock itu genre musik titik. Sedangkan punk adalah way of life, yang ngebentuk karakter kita untuk terus melawan terhadap sistem yang nggak berkeadilan dan mandiri: Pemuda Urakan Nan Kreatif, yang mengedepankan kesetaraan, menolak hirarki. Jadi nggak ada senior dan junior dalam scene punk. Semua bisa saling belajar. Bukan saling menindas, dengan melarang ini dan itu. Tidak ada polisi dalam scene punk. Kalau punk penuh aturan dan aturan yang memblejeti kebebasan… Gua orang pertama yang menyatakan diri bukan punk! Mendingan jadi nelayan di Cilincing mancing ikan di tengah laut, nggak ada yang ngelarang!

-Seberapa besar ekspektasi kalian bahwa musik kalian bisa membawa perubahan alam masyarakat?

Mike Marjinal: Harapan terhadap perubahan yang diekspresikan lewat musik selalu menggelora di jiwa kita. Ketika sistem yang menindas dan korup ini merajalela, orang-orang kan selalu gelisah mencari katup pembebasan, minimal lewat musik yang didengar nyangkut di hati menjadi inspirasi untuk perubahan hidup yang lebih baik. Semua itu menjadi kesadaran yang ngasih energi, daya hidup, agar tetap survive di tengah negeri ngeri ini, dan bangkit untuk memperbaiki apa yang rusak atau selesai dalam diri kita, rumah dan lingkungan kita. Musik membentuk karakter individu yang kuat, memimpin dirinya atau rumahtangga/lingkungannya melakukan perubahan. Dari individu-individu berkarakter inilah akan dihasilkan kolektif yang kuat saling berbagi dan menolong yang lemah atau miskin. Kemiskinan kita kan tidak alamiah. Bayangkan Indonesia kan kaya, tapi kenapa kita miskin? Karena individunya lemah. Kita terlalu asyik bergerombol nonton orang ngeduk kekayaan Indonesia, kita lebih senang ongkang-ongkang dapat komisi 10 persen, yang kemudian diributkan. Hentikan itu semua! Ayo, kerja! Kalau kita kerja, niscaya karakter kita kuat! Sukarno dulu sering bicara tentang Berdikari, berdiri di kaki sendiri. Jauh sebelum DIY dikumandangkan di England sono!

Marjinal peduli dengan nation ini. Kita berusaha menulis lirik dalam bahasa Indonesia, karena kita peduli dengan nation ini, ingat Sumpah Pemuda. Awalnya, banyak yang mencibir, kok band punk liriknya pake bahasa Indonesia! Musik bagi kita kan salah satu jalan untuk berkomunikasi. Liriknya harus dipahami orang Indonesia dong. Musiknya boleh aja gado-gado, mau gambang kromong kek atau pake calung seperti Punk Lung dari Cicalengka, itu sangat kreatif, Atau terpengaruh geberan band-band punk sono, tapi lirik harus bahasa Indonesia walaupun nggak harus benar dan baik seperti yang dislogankan pemerintah. Musik itu selain enak didengar, untuk senang-senang tapi harus punya tujuan yang jelas yang diungkapkan lewat pesan yang memberi inspirasi untuk masyarakat. Kita meniru jejak Benyamin S. Semangat bang Ben serta perjuangannya, kita ambil. Terlepas genre musiknya, Benyamin.S bisa dibilang punk sejati.

-Selain lewat musik apa aksi konkrit kalian untuk mengaplikasikan lirik dan esadaran sosiopolitik yang kalian sampaikan?

Bob OI: Aksi kongkrit kita, ya lebih dekat dengan masyarakat dengan membuka ruang-ruang kreatif: bikin workshop cukil kayu di gigs, ikut aktif dalam kegiatan gotong-royong. Bikin pelatihan keterampilan sablon, creative-writing, teater, melukis dan berpameran di ruang-ruang publik dan sekolah. Selain membuka ruang dialog dengan memaksimalkan media audio-visual, kayak bikin film pendek tapi bukan pendek pikiran lho.. he..he…he… Semua itu sebagai langkah awal untuk berdialog dengan masyarakat. Tujuannya bukan cuma hal yang politis doang, kita belajar, berkarya, dan bekerja sama-sama. Sehingga masyarakat terlibat dalam proses kreatif kita!

-Bagimana masyarakat disekitarnya memandang dan menerima kalian?

Mike Marjinal:Masyarakat, terutama ibu-ibu, sayang banget ama Marjinal. Kalau kita bikin acara, ibu-ibu di Gang Setia Budi, Srengsengsawah yang bantuin masak-masak. Ibu-ibu pun latihan bina vokalia bareng kita untuk kegiatan panggung Tujuhbelasan. Anak-anak muda mulai belajar nyablon, bikin tato temporer atau bikin distro di sekitar danau Setu Babakan, daerah tujuan wisata lokal itu karena di sono ada wisata perkampungan Betawi.

Bob OI: Pernah sekali gue bawa ransel gede lewat gang mau ke jalan raya. Ada yang nanya mau kemana, tiba-tiba mood becanda gue kumat,”Saya mau pindah, Bu! Kebetulan nih mau pamitan sekalian…” Ibu itu langsung protes: gue nggak boleh pindah rumah, karena dia demen ngeliat keberadaan punk di Gang. Setiabudi. Dia langsung narik-narik ransel gue sambil mau nangis. Akhirnya, gue nggak tega, gue bilang sebenarnya isi tas itu cuma kaos-kaos yang mau didistribusikan ke distro-distro, si ibu pun baru bisa ketawa… Begitulah, kita banyak berhutang budi dengan masyarakat di sana. Ada Babak Jaya yang sudah kami anggap orangtua, ada Pak Maman yang punya kontrakan yang ngasih kebebasan menggunakan rumah itu untuk aktifitas work-shop anak-anak muda, ada anak-anak TK dan SD yang datang tiap sore latihan main jimbe, ada tamu-tamu dari Jerman seperti Mash mahasiswi antropologi Humbolt University, Berlin yang sedang bikin penelitian tentang komunitas punk di Indonesia, atau tamu dari Amerika, Kanada, Prancis, dan tamu-tamu silih berganti kawan-kawan street punk atawa punk kentrung dari Kali Pasir, Jembatan Lima, Kota, Senen, Manggarai, Matraman, Blok M, Meruya, yang datang tukar cerita setelah seharuian ngamen atau kawan-kawan scene punk dari daerah: Porong, Mojokerto,Malang, Blitar, Sukabumi, Bandung, Indramayu, Makasar, Manado, Medan, Pontianak, Ambon, Lampung, Palembang, Batam, sampai Sorong-Papua.

- ada informasi tambahan, rencana kedepan atau proyek lain?

Mike Marjinal: Setelah tour silaturahmi maen di beberapa kota tahun ini: Makasar, Manado, Kotamubagu, Pulau Siladen, Sukabumi, Bali, Cirebon, Bandung, Jampang dan beberapa gigs di pelosok Jakarta, kita sekarang mempersiapkan ngegarap album kelima, masuk studio rekaman di rumah kediaman almarhum Pramoedya Ananta Toer, yang kebetulan cucunya, Adit, adalah drumer Marjinal. KIta juga lagi bergerak berkarya, bikin cukil kayu (wood cut), selama ini karya yang udah banyak tersebar itu akan dipamerkan bulan November di Galeri Nasional, Bentara Budaya Kompas dan Galeri Inisiatif Independent yang diorganisir budayawan Taufik Rahzen. Dateng ya ke pameran ntar… Ada work-shop segala, pokoknya mantrapsss! Selama sebulan bikin pameran di tiga tempat sekaligus!!!! Habis kita kelamaan moloooorrr, sekarang ayo bangun! Banguuuunnn! Mantraps!!!!!

88 Comments

Filed under Aneka Rupa, Daily Life, Uncategorized

88 responses to “Mengenal Marjinal Lebih Dalam

  1. Jika anda simpati dengan kemiskinan, anda akan miskin.
    Jika anda berpikir marjinal anda akan tersingkir.

    Berjuang dari titik ke titik. ngga akan menjadi garis. karena anda melompat, bukan bergerak.

    Jangan berusaha menggali loban kubur sendiri.

  2. peopledamned

    salam untuk marjinal…
    kita sama-sama benci kapitalisme..
    kita kerja bakti berantas imperealis..
    workers of the world unite..

  3. oi!oi!
    halo marjnal!
    gue anak mdo,masih ingat?

    kehidupan hanyalah sebuah drama yg harus kita mainkan .
    no kapitalis
    no rasis
    no imperealis
    viva la punk
    viva la skin head
    oi!oi!
    hidup punk indonesia!

  4. plentiz

    gimana ak bisa dapatkn album kalian coz ak dah cari cari dari blitar sampek surabaya ke lorong” jembatan, temen” kost, temen” jalanan tapi nihil plssssss bantu dong so di plentiz_99@yahoo.com or 08563327735 thank’s baget bwt majinal n kaum minoritas

  5. plentiz

    hooooooooooooeeeeeeeeee

  6. wahyu

    Oei! Oei! Oei!

  7. imam junaidi

    gw nyari ikan dilaut tapi ga’ada ikannya.kira-kira laut yang banyak ikannya dimana yaaa?

  8. idham farsah s.h

    wah…mantap marjinal

    jadikan suatu inspirasi menjadi mimpi yang indah

    kotor bukan berarti buruk
    bersih bukan berarti suci..

    viva la punk

  9. TOnggOs Oi!

    Viva la Punk!!!

    Ke-tidak-mapan-an bukan sebuah hal yang buruk..

    bebaskan Indonesia dari penjajahan asing,
    musnahkan benteng2 ekonomi luar negeri di bangsa kita…

  10. dblenk oioioioi

    ola mas bob oi

  11. semuanya pasti brubah dngn perlahan

    komunitas pasti akan berbaur lgi dngn mu kwan

  12. rizalguevara

    oi..oi…! apa kabar ? ada salam dari om endi,si tukang mabo……”sotset”

  13. SiCk Oi ViCiOuS

    KaLo PuNk PeNuh AtuRan? aKu AdaLah OrAng SeLanJutnya yAng aKan biLang…aKu buKanLah Punk!!!

  14. MaRJiNaL aQ CiNTa KM…
    GW NaK PuNK BaLi…
    GW iRi Ma KLiaN!!
    D BaLi Ga Da TeMPaT YG KYaK RuMaH KLiaN!!
    KPaN MaeN D BaLi??

  15. ”kuli kuli kuli kuli” kulit gosong mata merah muka berkuah,tangan tangan tuhan sedang bekerja,kuli kuli saudara ku kau berikan kami semua kasih dan sayangmu ”LONG LIFE FOR YOU” kapan keluarin albumnya???????????

  16. marjinal lagu2 lo keren abis ga kalah dgn lagu2 slank.

    salut buat marjina yang udah bisa mendukung perubahan di indonesia

    piss dari slankers setu bondo

  17. erick ningrat

    maju terus marjinal!!!
    lawan!!!
    ketidakadilan!!!
    bersama kita bangun bangsa ini dengan cara kita masing2!

  18. !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    skarang banyak yg pake kaos bertuliskan ”anti media” salah satu alat pembodohan atas diri sendiri. gua ngga ngerti apa itu semua……..!!!!!!!!?????????

  19. Ian Oi

    anti kapitalisme, fasisme, sexisme, rasisme, dan segala bentuk kekerasan

  20. Ian Oi

    saya suka negara dunia negara ke 3….

    anti mapan..!!!!!

  21. hy salam kenal aza ya bwt nak-nak marjinal nya.
    w mo nanya pakah entar atau kapan lagu lagu marjinal nya keluar lagi???
    and klo bisa lagunya tentang orang-orang yg sering korup dll.
    thank’s

  22. hy
    salam kenal aza ya buat kalian semua
    pertama-tama gue mau nanya apakah taun yang akan datang akan ada lagu-lagu marjinal yang baru.
    dan apakah apakah band marjinal atau anti miliari ini akan bubar?????
    tapi semoga aza band marjinal tetap jaya amin.
    thank’s

  23. hy hy
    lam knln ja ya bwt kalian semua yg udah dukung band kita (marjinal)
    w mo nanya nich kapa si lagu marjinal yang baru keluar.And w pengen banget ketemu ama personil2 marjinal.
    And marjinal kapan ngeband ke kota cibinong???

  24. Oi!.. Oi!.. Btw gmn nech kbrX MARJINAL???
    Msh Exist kn d dunia Underground, trutama
    Punk. Oh y kpn sech AlbumX MARJINAL yg bru kluar, yg tu.. tu.. tu…
    ” Kt Spa Punk Kgk Blh Msuk Tv !!!. ”
    Oh y klau blh gw mnta E-Mail kalian dunk/MARJINAL, It jg klau kalian mau ksh??? Slm Aj Buat Bank Jahat, Bobbi/ Bob Oi, Mike,
    Dodislike Dkk, Jgn lpa Contact gw. Thx, Ryan GpX

  25. oi !! oi!!! komunitas taring babi udah ganti nama jadi

    komunitas sapi betina

    …..coba lo contack marjinal di http://www.koran-marjinal.blogspot.com
    punk abis bro!!! :-)

  26. kids punk

    Huy Bank bOb KpN nie marjinal manggung Lg di sunter?????

    Lam knL ya dR Fans Marjinal……….

  27. antiwaras

    Anjink….!!!!!! kita semua udah jd jualan pasar, liat aja…. semua orang dandanane sangar abis……. tapi cuman ikut2 an tok, ini yg jadi masalah klo kita sudah gk exklusif lagi (mungkin saya salah?), lha klo punk cuman diliat dari dandanan tok, kok mbanyol? yg lebih lucu lagi, d malang beredar kaos TARING BABI, gwa kira bikinan nak marjinal, tapi selidik punya selidik, kaos tu d jual d swalayan n merk nya Darbost, lah tambah ancur khan?????????
    (a anak malang, antiwarasTL@yahoo.com)
    “saya pingin belajar lebih dalem lagi, biar tambah sip”

  28. owirrr

    gma kbar kwan….??????????
    apakah baik kondisimu d sna…?????????
    kmi di sni sdang brnynyi kwan,,akan snandung lgu rindu tntang qm….

    marjinal bgt cuy….

  29. biarain ajo bro mw ada yang bajak kek,mw nyolong kek yang penting dengan stampel marjinal,setidaknya udah bagi2 rejeki ma pedagang,gw kira anak2 taring babi juga setuju kok!

  30. i'm punk

    terus jalan kan revolusi mu

    karena hidup adalah dinamis

    hidup adalah perjuangan

    perubahan tidak akan terjadi

    apabila kita hanya diam

    angkat sepatumu kawan

    PUNK ( Pemuda Urakan Nan Kreatif )

  31. i'm punk

    terus kibarkan bendera revolusimu

    tancapkan dalam-dalam

    dalam bukit perjuangan INDONESIA

    VIVA FOR PUNK

  32. oi oi bob kapan manggung d surabaya &q minta nmr hp lo donk

  33. Marginal Is The Best

    Woyyy……..sobat-sobat gw yang di MArginal. Maish kenal gw ga JEBOT anak Sanggar Akar yang pernah ketemu & maen bareng pada acara Tragedi MEi. Pokoknya gw salut bgt sama lo2 semua. Tunjukkan pada dunia bahwa qta sebagai manussia yang tertindas bisa bangkit dan menguasai dunia kita yang telah dirampas.

    Salam Perjuangan………!

  34. aldy

    salut untuk kawan..Marjinal telah membuktikan kepada masyarakat bahwa punk tidak sekedar anarkis..kredo musik dan lirik yang mengangkat tema sosial telah kalian buktikan melalui bentuk usaha kecil2an yang memungkinkan para penangguran untuk berkreasi di basecamp kalian yang open selama 24 jam penuh..
    eksis untuk Mike dan kawan2..

  35. ucox tompul

    HORAS BAH…..
    salam pembebasan!!!
    apa kabar lae?
    TETAP SEMANGAT!!!
    TETAP KRITIS!!!
    TETAP BERSATU!!!
    GAS TRUSSSSSSS!!
    (from:kawan dari medan)

  36. motherfucker

    kapan ne marjinal mw maen k bdg lgi……..
    klo bsa manggung na d kampus z dunks……
    kan dulu na kalian terbentuk pas d perguruan tinggi…betul bukan?

    met z de buat marjinal……

    kritik-kritik na is the best

  37. gombong again punk

    salm hizt rs
    gue penge liat mardjinal manggung di gombong

  38. RaGi_TaPe

    Oi!Oi!
    ap kbr abang2 marjinal?
    cuaca hari ini buruk krn bnyak orang2
    yg mbwt atmosfer bumi kita mnjdi rusak…..

    polusi kini sdah smakin mrajalela.,binatang2
    bermesin mengluarkan gas2 bracunnya dan tdk brfikir efek kdpannya….
    Mari kita tanamkn sjak dini sfat anti polusi
    dan klo bisa kita mncoba utk mnghijaukn bumi
    kita.,
    GRIND YOUR SCOOTER,
    GREEN YOUR EARTH!!!

  39. knalin….w nak punk ciboeboer
    w ska bngat ma marjinal…..tapi kta org”punk itu ga boleh msuk tv…skarang banyak nak punk yang musuhin nak marjinal….
    fuckmarjinal

  40. ferry

    bob ……kapan keluar album barunya soalnya terakir gw liat lagi sibuk ngurus album baru di konrtakan ko gw kg di kasih kabar…kabar gimana dengan vitamin A (arak) gw sudah minta sama sullx (kadir)

  41. HY NAMA W ELLA W KELAS 3 SMP W N TMN2 W NGEFANS BANED MA MARJINAL KEREN ABIZZZZ!!!!! COZ MARJINAL UD BSA BANGKITIN SEMANGAT ORANG2 YG KURANG MAMPU N SEMANGAT ANAK2 MUDA JAMAN SKRG MAJU TERUS PANTANG MUNDUR BY;ANAK2 THE BOZATH ABONG,NDE,ELLA,JUPRAY,FAJRI,DINAR,SHELLY,RAKA,ALOEL,IWAN DKK SMUANYA YG NGEFANZ MARJINAL TOP ABIZZZZZ……………………………………………………………..

  42. ELLA

    W FANZ MARJINAL BY;THE_BOZATH ABOENG NDE ELLA SHELLY JUPRAY FAJRI DINAR RAKA IWAN ALUL

  43. TErorEzim

    Oiii……

    MarjiNaL..
    lam knAL yawh w punk bkasi…….

    w palinK suka lagu kalian yang TerOReziM
    yang pas namanya masih anti MIlitER….

  44. rasta

    salam oi.oi..
    mungkin gw trlmbt denger nm lo marjil..
    tp begitu gw denger lirik lgu lo, gw seneng bngt, lgu lo berbobot terus musiknya pun teratur…yg bikin gw jd sur, tu suara vocalisnya, karakter suara vocal kalian bener2 luar biasa, gw salut, ga smw org bs seperti itu..dan di medan ini udah sering gw manggung bawain lg lo yg berjudlu negeri ngeri, smw pd heran ama lgu lo pade, musiknya asyk bngt terus liriknya menyuntik bngt, anak medan ikutan salut liat ciptaan lo. pokonya kalian top abis lah, seep…oya, gw pengen minta lirik lagu boikot..boleh kan ???gw pengen bawain lg itu di acara extrem bln 5 2008.y klw g ngeropotin mas2 kirim ke e mail saya z y. ne alamatnya ristha_2007@yahoo.com. gw tnggu ya mas….hehehhehe
    salam kami dari anak2 medan underground…
    kami dari medan mendukung kalian semua….
    maju terus band indie jngn pernah menyerah……..
    thanks ya mas2……………..

  45. Oi!..Oi!..
    Gue gak tau mesti bilang apa tentang pilgub di Jabar. Yang pasti mdh-mdhan aza pendidikan gratis itu bisa terwujud.Biar gak jadi Formalitas yang penuh dengan kebohongan.Pokonya Pendidikan…pendidikan gratis untuk SEMUA.

  46. Oi! Oi!
    Gue gak tau mesti bilang apa tentang pilgub di Jabar. Yang pasti gue cuma pengen Pendidikan GrATIS 9thn bisa terwujud coz gue masih melihat bocah-bocah di Jabar pada gak sekolah malah jadi tukang minta-minta gt. Mudah-mudahan aja Pendidikan bukanlah sebuah formalitas yang penuh dengan kebohongan. Pokonya Pendidikan…pendidikan gratis untuk SEMUA!!!!!

  47. idham

    wah..

    disini dah beredar tuh yang namanya

    punk tpi ga da tujuan buat revolusi..

    aneh ya?

    nak2 nya sok ngerti..

    nak2 street pula..

    otak kosong…

    yang dia dapat

    sampe dia ngatain

    aniti agamais..

    apakah tujuan punk??

    q mo tanya ma kalian..

    apasih punk?

    tujuannya?

    aneh ma nak2 skarang.,,,,

    gw dah 12 tahun ngedrasas

  48. O!!!!… buat PuNK yang maSih ExsisT dan mAsiH mAu berjuAng unTuk komuNITas.

    kenApa kALIan mAsih memperdEBAtkan tEntAng semuA perbEDAAn “perBEDaan bukAnlah PERANG” seDAngkan muSUH kiTa buKANlAH orAng yAng tertindAs pulA melAinkAnkAn muSuH kitA AdAlAh yAng selAlu menindAs.

    lo mAsalAh mediA tV “k3nApA PUnK TIdaK BOLeh menAmpakAN diri di tV….?” JIKA itu jAlan unTuk memberitahuKan kepADa mAsyarakat bAhwA PUnK …….. K3NAPA NGGaK…?
    (selAma tiDak merugikAn komuniTAs & menyAmpAikAn AtAu menconTohkAN YaNG SEBENaRNYa)

    m3NurUt sAyA sEmuA iTu Ok…. Ok…. Za,
    buAt mArjinAl:teRuskAn perjuAngAn mu KAwan kAmi menduKung mU……

  49. ochamarshall

    Marjinal…..Mike, gue tunggu ye janji loe mau kasih kaos Marjinal yang ada Tato Ikan di kepala kiri loe yang itu……..keren abizzzzzzzzzzzz!!!
    Gue tunggu di bawah bulat merah dan embun pagi dimana seniman beda tipis dengan senewen….
    Di bawah baner Taman Marzuki Ismail Indah, sambil rayakan perbedaan dengan segelas juice gandum di tangan kiri kita!!!!!!!!! Love u Boby, Mike, Mujib, and president taring babi; Gombloh!
    Ocha Marshall

  50. akir na abang2 mnggung jg d kmayoran,,,

    thanks bgt bkin w hdup lg dgn nyanyian Loe…

    rumah sakit brengsek!!!

    by;cv-nank muaRa tree

  51. cremiasz

    marjinal . . . marjinal . . . marjinal . . .

    salut banget buat kalian….!!!! jaya terus buat marjinall!!!!!!!!!
    fucking “KORUPTOR…!!!!!!!” coz koruptor iku “NDANCUKI”. . . . . okey,,

  52. hahaha… samlikum semuanya.
    bapak2,ibu2,tanta2,om2,dan semuanya.
    salam kenal yach dari aku anak malang.

    aku nsetuju sama bang bob.bahwa dalam scene punk kita saat ini.. banyak yang terlalu membingungkan fashion dan membingungkan tentang seberapa tinggi rambutnya berdiri.tapi mereka tidaktau seberapa besar kapitalis2 telah memanfaatkan mereka dan menipu daya mereka melalui cara2 yang berbagai macam.
    kalo kita2 terus2 kayak gini,akan mgkin scene kita akan mati dengan globalisasi yang smakin menjadi.
    apakah kita tak pernah sadar bahwa telah banyak sistem2 bangsat yang telah membutakan mata kita dan telah besar mempengaruhi konsep2 DIY yang kita anut.

    ayolah kawan!!!! buka mata.. mantapkan pedoman dan tajamkan ideologi.kita ubah negeri kita menjadi lebih baik.karna masa depan bngsa ada di tangan kita.jangan hanya2 ikut,aikut,dan ikut2an aja terhadap gosip2 atau obrolan2 yang lagi in!!!

    aduhhhhh…. capek nich ngetik.hahaha istirahat dulu aja ya…
    hahaha

    sekian dari saya.Punk never die!!! Oi..oi..
    samlikum.

  53. hehen

    semangat bro
    lwan peindasan dari pemerintahan busuk

  54. andy

    punk attitude now…

  55. aDnan st armstrong

    oi.oi…….pa kbr nak2 marjinal..kpn maen ke sala3….

    lagu kalian oK abis…emang udah saatnya kita melakukan perlawanan trhdp ketidak adilan d negri nie….bunuh para koruptor…

  56. ronay_skin

    SALAm BWat Ank2 MARjinAl…

    GW Dari BATAM City Punk n Skin
    Nama GWe Roni,SAlut AMA MArJINAL SmoGA AjA Yg KITA CIta2 KHAn SeLAMA INI ADlh MErdeKA Yg SbenArnya,,,,! Gk CuMA SLOgan “MErDEKA Doang” Tpi NYATAnya Kita MSih Dijajah…

    GW JUga KHAn SLAlu IkuT DALAm MemperJuangkan MERDEKA Yg SBENArNYA…

  57. alow komunitas taring babi

    gmn klo kta hncurkan militerisme dan kapitalisme dan membuat pmerintahan yg cinta damai

  58. oi .. oi .. marjinal !
    gmana kbr nyah ??? bdw ki aq icha ank NOISE TOWER .. aliaz adek nyah ank” BLJ ..
    kpan klwar kgi album bru nyah ???
    cha tunggu lukh bang >>
    srink” lah maent ke es’b’ye .. ojrit !

  59. oi .. oi .. bang
    nikh icha ank NOISE TOWER .. akias adek nyah ank” BLJ kpan nwikh maent keh PORONK aghhi .. aq rindu khdran kaliyan !
    srink” iakh bang maent keuh es”b”ye ”

    ojrit !

  60. oi…oi..punk…………….yg nyariin lagunye marjinal….
    ama gw aje gw banyak klo berminat sini ke cibubur jakarta timur or email edsaxxx@yahoo.co.id

    neh judul-judul yg gw punya…….

    ALBUM ANTI MILITER……
    1.REVOLUSI
    2.DE INTERNASIONALIS
    3.HINA DIHINA
    4.DEMOKRASI
    5.AKU BENCI
    6!!!!!!LUPA GW
    7.LAWAN HANCURKAN MENANG
    8.17 AGUSTUS
    9.MATK*MILITER ANJING TAI KUCING
    10.BULSITE POLISI
    11.POLISIALAN
    12.!!!!!!LUPA GW

    ALBUM PREDATOR 1-2………………………..
    1.LUKA KITA
    2.YG PENTING KU SENANG
    3.NEGRI NGERI
    4.GLOBALISASI
    5.GO TO HELL WITH YOUR IT
    6.AKU MAU SKOLAH GRATIS
    7.OTOT KAWAT TULANG BAJA
    8.KERJA BAKTI
    9.PREDATOR
    10.BOIKOT
    11.TANG DUNG DES
    12.MARSINAH
    13.1+1=8
    14.BENER BENER RUMAH SAKIT
    15.CINTA PEMBODOHAN
    16.BANYAK DARI TEMAN TEMAN KU
    17.KRETA KELAS EKONOMI
    18.BERDCE=BERAK DI CELANA
    19.BURUH MIGRAN
    20.SUARA REALITA
    21.NEGARA DUNIA KE 3
    22.BEBASKAN
    23.MASBERTO
    24.RAKYAT BIASA
    25.DOT IT YOUR SELF

    DAH BARU PUNYA SGITU…. YG MAO KIRIM AJE EMAIL NYE KE….. edsaxxx@yahoo.co.id

    GW TUNGGU MAJU TRUZ LAWAN PENINDASAN DI INDONESIA……………oi!oi! PUNK ROCK………..

  61. juki

    HE………..LO LO semua yang ngefenz baget sama marjinal. gw salut ama Lw semua yang ada di seluruh indonesia………..

    salam dari kami anak2 pekalongan

  62. benkQ

    jah bles man 4 u all,my old brother . .
    i like u song it “LUKA KITA”
    stay to freedom !!!

  63. oi… oi… oi…
    bAdAz uNitEd…

  64. putri

    hi…..lam knal tuk ank2 Marjinal,……………….

  65. Kaka Bastard

    Heyho salut bwt marjinal…
    mari kita lawan segala ketidakadilan yg selalu mewarnai bumi pertiwi ini
    salam knl dr semarang

    -kaka bastard-

  66. marjinal is the best…

    sampaikanlah suara hati mu..

    mari bersama membebaskan negeri..

    dari orang2 yang menindas..

  67. hai marjinal..

    salam kebersamaan & kebebasan dari smocker angel

    maju terus marjinal..

    buat lah perubahan pada bangsa ini

  68. deddy ex fokber malang

    salam perjuangan,satu bumi tanpa tentara…..

    nggak lupa kan ma aku,mike and bob!!!
    aku deddy fokber malang.munkin saatnya kita untuk merubah dan mengembangkan pola perjuangan kita.tetapi tetep pada exsistensi kita dalam perjuangan untuk semesta……..gue ikut belasungkawa.dg permasalahan kalian d scene punk…….ikut peduli dg kalian selama argumen kalian bisa d pertanggung jawabkan…..!!!kapan ke malang???????< arashy_nofacisme@yahoo.co.id

  69. deddy ex fokber malang

    salam pembebasan!!!!!!!satu bumi tanpa tentara.

    saatnya kita bangun lagi kebersamaan kita melalui media media forum diskusi…..kemerdekaan dan masa depan milik kita.kami masih berjuang dg metode kita sendiri……..!!!!!!!!!!!

    arashy_nofacisme@yahoo.co.id

  70. oi..Oi..
    salam kenal semua nya….
    pko MARJINAL exist teruz ma lagu2 nya n keluarin teruz lagu kritikan nya buat pejabat,mentri,& khususnya pemerintah,,,,
    salam dari kami PUNK LAMPUNG..

  71. RAHASIA ANAK PUNK

    gw pengen banget ketemu sama anak-anak marjinal kapan lw mau konser lagi ?????????,sama bawa temen-temen gw,gw pengen belajar ngebordir !!!!,

    PEMERINTAH MEMANG KAYA ANJING !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! INDONESIA UDAH MERDEKA TAPI MASIH ADA AJA RAKYAT YG MELARAT APARAT BANGSAT

  72. gw pengen banget ketemu sama anak-anak marjinal kapan lw mau konser lagi ?????????,sama bawa temen-temen gw,gw pengen belajar ngebordir !!!!,

    PEMERINTAH MEMANG KAYA ANJING !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! INDONESIA UDAH MERDEKA TAPI MASIH ADA AJA RAKYAT YG MELARAT APARAT BANGSAT

  73. BOTAGEARISTA

    salam Damai seluruh indonesia…

    kita semua sama gak ada yg berbeda
    bhinneka tunggal ika menjadi landasan kita…!!!

  74. manusia biasa

    maen2 ke malang dong…

  75. gondol

    hay….
    slm tuk abang2 marjinal….
    aq ank lumpur porong…
    bang….. aq mnta album “Kt Spa Punk Kgk Blh Msuk Tv”….
    thanks yach….
    pleaseeee krim ke e-mail aq ” fa2ngondol@yahoo.com
    sukses sllu bang marjinal…..
    OI….OI…..

  76. teguh

    oi……

    marjinaL

    kpn lg kluar lgu bru kita
    ……………………

    gk lpa kn ma Sutomo sReet medan

  77. oi….

    kpn kluar lgu bru lg….

    gag lph kn ma sutomo street Meedan

  78. richo chukhong

    aku pengemar lagu punk jadi aku uka baget sama lagu loe wat marjinal kapan keluarin album baru lagi ne…….!!!!!!!

  79. Pingback: Marjinal « Wastedcore's Blog

  80. novaldi

    oioi !!!!!!!!!!!!
    ni q noval,tlong add q

  81. oi!!!….oi!!!…..
    hey marjinal kapan n ngadan konser…
    aQ sUka bAnget lagu2 kaLian tErutAma lagu “aparat bangsat milter anjing tai kucing”/’hukum rimba”……
    marjinal keren abiz…….
    saLam wat aNak2 oi…oi…!!!!baNdUng….
    tHankz….

  82. Anak Merdeka(curug tng)

    salam perlawanan!
    anjing bangsat goblok totol ga punya otak .itulah kata2 yg pantas di terima mereka yg menghina MARJINAl.mereka ga ngerti apa ngertiD.I.Y

  83. marjinal kapan konser d semarang?
    by : atenx pudink

    salam punk oi oi

  84. ponkpay

    kompak selalu untuk marjinal….!!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s