Laporan Kopdar Bali Blogger Community

Akhirnya bisa juga aku bikin sambitan (bukan sambutan) selaku tukang kompor Kopdar Bali Blogger yang Ketiga Minggu (11/11) lalu. Laporan ini dibuat biar komunitas ini keliatan sok serius. Padahal isinya cuma orang2 belogodog. *hahaha*.

Sebenarnya hampir semua belogger yang hadir udah pada bikin cerita. Jadi laporan ini semacam sok resmi saja. Makanya aku udah siap2 lari kalau disambit. Nggak lah. Laporan ini dibuat sebagai bentuk pertanggungjawaban moral saja.

Biar tidak penuh basa-basi, to the point saja. Terima kasih untuk semua blogger yang sudah berkenan diprovokasi untuk datang, Mas Hendro dan Pan Belog (ini mirip tokoh Deep Throat dalam investigasi wartawan Washinton Post berjudul All President Men karena tidak mau disebut namanya, hehe) yang udah nyumbang buat kopdar, Kang Ayip dan Ebo yang udah nyumbang stiker dan majalah.

Meski di awal agak canggung karena sebagian besar memang belum pernah ketemu offline sebelumnya, Kopdar kemarin jalannya seru. Sayangnya dua mahasiswi Pak Kecek tidak bersuara sama sekali.

Tidak ada yang protes dengan tempat. Artinya tempatnya memang layak meski belum ada free wifi di sana.

Waktu juga relatif cukup. Buktinya kita tidak sampai diusir pemilik Desa Dusun. 

Nah sekarang soal agenda. Sudah pada tau kan. Ini aku tulis saja lagi menurut catatan notulen. Jadi semoga bisa mewakili hasil diskusi Minggu lalu.

Kita akhirnya bikin nama komunitas ini Bali Blogger Community (BBC). Nama ini dipilih karena lebih eye catching (bener ga nih basa Inggrisnya?). Semeton Belogger digunakan sebagai sapaan sesama nak belog di milis atau anggota BBC saja. Usul Kecek utk pakai nama Sekaa Teruna Teruni Blogger Bali otomatis batal! *hahaha*

Setelah ada nama, kita bagi2 tugas. Ada yang bikin website (Adi dan Dental), hosting oleh BaliOrange, banner (Ebo dan Saylows).

Soal bentuk komunitas ini. Kita sepakat biarkan saja sebagai komunitas. Tidak harus dibuat resmi misalnya Serikat Blogger Bali –kl*ng kiri sajan, nok!- atau Aliansi Blogger Bali atau Jamaah Bloggeriyah Baliyah *wakakakakak..*. Sistem keanggotaan juga cair. Mau ikut silakan mau keluar silakan. Tidak ada aturan yang melarang.

Komunitas ini juga tidak usah pake koordintor2an. Kayak zaman kelompencapir saja. Kita kelola secara komunal –aih, lagi2 kiri sekali-. Ini milik bersama utk bersama. Sesuai kemampuan dan kemauan masing-masing saja.

Sekarang soal agenda ke depan.

Ada usul dari Ebo untuk ngajarin soal blog ke anak2 sekolah dan mahasiswa. Ebo dan ASN sudah pernah diskusi soal ini. Kita serahkan pada beliau berdua. Tentu saja semeton belogger sekalian siap bantu. Lode ngusul juga untuk ngajarin blog ke temen2 wartawan. Kebetulan sehari sebelum kopdar ada teman2 wartawan yang memang minta diajarin bikin blog jadi kenapa tidak?

*Nebeng info juga*. Kamis sore teman wartawan RCTI telpon aku minta diajarin bikin blog setelah baca tulisan di Radar Bali. Aku bilang sekalian saja beberapa teman anggota Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Bali. Kawan di RCTI itu oke. Jadi sekalian minta izin aku bawa nama BBC kalau ngajarin temen2 wartawan bikin blog.

Ada juga usul dari Danny untuk kita kerja sama dengan provider, misalnya Indosat. Pas banget ada teman yg kerja di Indosat. *Waduh, aku lupa yang mana?*. Sekalian kita nanti belajar SEO dari para pakarnya karena Januari 2008 nanti ada pertemuan para ahli marketing online di Bali. Kayaknya mereka kita bisa culik utk bagi2 ilmu. Itu juga buat yg mau.

Hmm, apa lagi ya.

Oya, soal launching BBC, termasuk webnya. Ada usul kita bikin pas Kopdar selanjutnya. Kalau nurut jadwal dua bulanan Kopdar maka launching mungkin pas Januari. Sptnya kita bisa “susupi” acara yg di Kuta itu utk launching. Hehehe. Ada yang menawarkan diri utk ngorganisir ga?

Bisa juga kita undang “tokoh” blogger dari Jakarta kayak Enda, Wimar, dan semacamnya pas launching sambil diskusi kecil.

Ya udah. Itu saja dulu. Kalau ada yang kurang, silakan ditambahin. Mungkin termasuk kita diskusikan pertanyaan Saylows soal banner dan pertanyaan Adi soal pengelolaan web.

Untuk semeton belogger yg tidak bisa hadir: Andi, Ady, Win, Lavender, Sherly, Agung, dst. Semoga bisa datang pas launching ini. Jadi yg lagi jauh dari Bali, bisa siap2 dari sekarang utk mudik. 

Suksma..

8 Comments

Filed under Aneka Rupa, Bali, Blogging, Daily Life, Pikiran

8 responses to “Laporan Kopdar Bali Blogger Community

  1. Padahal isinya cuma orang2 belogodog

    kalo saya komunitas hanya untuk kedok makan-makan kekekeke~ *gakseriusmodeon*

  2. ga sabar masang banner BBC

  3. hooo…mohon maaf, kemarin tidak datang

  4. @ didut: ga enak dong makan rame2. jd pd rebutan. apalagi kalo semua ndut kaya kamu. :p

    @ baliazura: me too. cuma ga tau ken2 carane masang. :))

    @ ford: iya tuh. masa jauh2 mudik ke bali malah ga dateng. kan bisa saja jalan kaki kalo ga ada motor.😀

  5. Ady

    Kapan Kopdar berikutnya?? saya memang ada rencana pulang ke Bali akhir tahun mudah2an bisa ikut… selamat ya ditunggu banner buat dipasang di blog neh hehe

  6. @ ady: ayo, bli bagus. kita atur saja biar bisa ketemu tahun depan. sptnya sih kopdar januari. mau disambit, eh, disambut ga pas mudik? :p

  7. saya juga minta maaf kemaren gak bisa datang… gak ada temen. bli lolak gak ngajak2😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s